Aktivis Taiwan segera dibebaskan dari penjara China

Aktivis Taiwan segera dibebaskan dari penjara China

Arsip–Aktivis pro demokrasi Eddie Chu, Lester Shum, Joshua Wong, Sekjen Partai Demokratik Progresif (DPP) Luo Wen-jia dan Wakil Sekjen Lin Fei-fan menghadiri konferensi pers di Taipei, Taiwan, Selasa (3/9/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Joan Huang/cfo

Beijing (ANTARA) – Aktivis Taiwan Lee Ming Che segera dibebaskan dari penjara China setelah selesai menjalani masa hukuman selama lima tahun.

Lee akan dibebaskan setelah menyelesaikan masa hukuman selama lima tahun, demikian pernyataan juru bicara Kantor Dewan Negara China Urusan Taiwan, Ma Xiaoguang, kepada pers di Beijing, Rabu.

Ia tidak menyebutkan tanggal pembebasan aktivis dari Taiwan tersebut.

Namun dia menyatakan bahwa aparat di China daratan sedang mengatur kepulangan Lee ke Taiwan.

Baca juga: Somaliland sebut China tak bisa mendiktenya soal Taiwan

Majelis hakim pengadilan tingkat banding di Provinsi Hunan pada November 2017 menjatuhi hukuman penjara selama lima tahun kepada Lee atas perkara subversif.

Sementara rekan Lee, Peng Yuhua yang berkewarganegaraan China daratan divonis tujuh tahun atas perkara yang sama.

Lee dan Peng membentuk organisasi ilegal yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan China yang sah dan memberikan ancaman serius terhadap keamanan nasional dan stabilitas sosial, demikian putusan majelis hakim yang beredar di sejumlah media China.

Selama menjalani masa penahanan, Lee mendapatkan akses pelayanan kesehatan dan komunikasi yang memadai serta mendapatkan jaminan hak-haknya terpenuhi, demikian Ma.

Namun dia menambahkan bahwa sejak pandemi COVID-19 melanda China pada 2020, kunjungan rutin kerabat Lee ke penjara ditangguhkan guna menghindari meluasnya wabah.

Baca juga: Taiwan Desak China Bebaskan Artis Aktivis Ai Weiwei
Baca juga: China janji bantu Taiwan atasi kesulitan dengan tindakan nyata

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Updated: September 6, 2022 — 5:35 pm

The Author