Kabar terkini pandemi COVID-19 di dunia

Kabar terkini pandemi COVID-19 di seluruh dunia

Umat Buddha memakai masker untuk mencegah tertular virus corona (COVID-19) berjalan melewati lentera warna warni selama beribadah, menyiapkan hari lahir Buddha yang akan datang di sebuah kuil di Seoul, Korea Selatan, Kamis (24/3/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Heo Ran/WSJ/djo (REUTERS/HEO RAN)

Jakarta (ANTARA) – Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Otoritas Hong Kong pada Minggu mengatakan pihaknya mempersingkat larangan bagi maskapai penerbangan yang ditemukan telah membawa tiga atau lebih penumpang positif COVID-19, ketika jumlah kasus lokal terus menurun dari puncaknya.

* Produsen mobil AS Tesla menutup pabriknya di Shanghai selama empat hari setelah pemerintah kota itu mengumumkan pada Minggu malam akan melakukan penguncian dua tahap untuk menggelar tes COVID-19 massal.

Baca juga: WHO: Hampir 6 juta orang meninggal dunia karena COVID-19

Amerika

* Vaksin COVID-19 buatan perusahaan Kanada Medicago menghadapi perkembangan yang terbatas setelah WHO mengatakan tidak akan meninjau vaksin tersebut karena sebagian saham perusahaan itu dimiliki oleh produsen rokok Philip Morris, meskipun sudah disetujui pemerintah Kanada bulan lalu.

* Mahkamah Agung AS mengabulkan permintaan pemerintah Presiden Joe Biden agar Angkatan Laut tidak menugaskan personel SEAL dan operasi khusus lainnya yang menolak mandat vaksin COVID-19 atas alasan keagamaan.

Eropa

* Italia melaporkan 59.555 kasus COVID-19 pada Minggu, turun dari 73.357 pada hari sebelumnya, sedangkan angka kematian juga turun menjadi 82 dari 118. * Otoritas kesehatan Prancis mengatakan jumlah pasien COVID-19 yang dirawat inap berkurang 38 orang dalam 24 jam sehingga totalnya menjadi 20.616. Namun berdasarkan data mingguan, angkanya naik untuk hari kedua secara berturut-turut.

Perkembangan Medis

* Warga lanjut usia yang menerima dua kali dosis booster vaksin COVID-19 Pfizer/BioNTech memiliki tingkat kematian 78 persen lebih rendah daripada mereka yang menerima satu kali, menurut penelitian di Israel pada Minggu.

* Regulator kesehatan AS mengatakan pada Jumat dosis pengobatan COVID-19 berbasis antibodi dari GlaxoSmithKline dan Vir Biotechnology kemungkinan tidak manjur melawan subvarian Omicron BA.2.

Sumber: Reuters

Updated: September 7, 2022 — 1:47 am

The Author